Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah Berjerawat – Toko Pembuat Kopi di Tikung, Lamongan

Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah Berjerawat – Toko Pembuat Kopi di Tikung, Lamongan



Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah Berjerawat – Toko Pembuat Kopi di Tikung, Lamongan - Kendati kian berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kamu semua sudah mengetahui kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki wujud biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah Berjerawat – Toko Pembuat Kopi di Tikung, Lamongan


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun ciri khas paling gamblang adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel dalam halaman Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah Berjerawat – Toko Pembuat Kopi di Tikung, Lamongan, semoga bermanfaat.

0 comments