Manfaat Daun Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Labuhan Deli, Deli Serdang

Manfaat Daun Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Labuhan Deli, Deli Serdang



Manfaat Daun Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Labuhan Deli, Deli Serdang - Biar makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dari jenisnya, kawasan ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua sudah paham kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Daun Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Labuhan Deli, Deli Serdang


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling eksplisit yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca artikel di blog Manfaat Daun Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Labuhan Deli, Deli Serdang, semoga ada gunanya.

0 comments