Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Kios Mesin Coffee Maker di Talegong, Garut

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Kios Mesin Coffee Maker di Talegong, Garut


Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Kios Mesin Coffee Maker di Talegong, Garut - Kendati makin ramai penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, lokasi ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua telah mengetahui karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki struktur bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Kios Mesin Coffee Maker di Talegong, Garut


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di bermacam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan di blog Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Kios Mesin Coffee Maker di Talegong, Garut, moga-moga bermakna.

0 comments