Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Jantung – Toko Mesin Coffee Maker Di Pulau Panggung, Tanggamus

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Jantung – Toko Mesin Coffee Maker Di Pulau Panggung, Tanggamus



Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Jantung – Toko Mesin Coffee Maker Di Pulau Panggung, Tanggamus - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, namun tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, area peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah tahu keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki wujud biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Jantung – Toko Mesin Coffee Maker Di Pulau Panggung, Tanggamus


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya gamblang yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan dalam blog Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Jantung – Toko Mesin Coffee Maker Di Pulau Panggung, Tanggamus, semoga ada gunanya.

0 comments