Manfaat Kopi Hijau – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Jatirejo, Mojokerto

Manfaat Kopi Hijau – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Jatirejo, Mojokerto


Manfaat Kopi Hijau – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Jatirejo, Mojokerto - Meski kian ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah kamu semua sudah mengerti karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki struktur bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Jatirejo, Mojokerto


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di berbagai belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol yaitu taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca artikel dalam website Manfaat Kopi Hijau – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Jatirejo, Mojokerto, semoga berguna.

0 comments