Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Penjual Coffee Maker Di Cimaragas, Ciamis

Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Penjual Coffee Maker Di Cimaragas, Ciamis


Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Penjual Coffee Maker Di Cimaragas, Ciamis - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, kawasan ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua sudah paham karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Penjual Coffee Maker Di Cimaragas, Ciamis


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling menonjol yakni peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi artikel di blog Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Penjual Coffee Maker Di Cimaragas, Ciamis, semoga bermakna.

0 comments