Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Toko Online Pembuat Kopi Di Kec. Bojongloa Kaler

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Toko Online Pembuat Kopi Di Kec. Bojongloa Kaler



Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Toko Online Pembuat Kopi Di Kec. Bojongloa Kaler - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari kelasnya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua telah mengetahui kekhasan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang wujud bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Toko Online Pembuat Kopi Di Kec. Bojongloa Kaler


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di beragam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas adalah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca risalah di web Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Toko Online Pembuat Kopi Di Kec. Bojongloa Kaler, moga-moga berpengaruh.

0 comments