Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Galis, Bangkalan

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Galis, Bangkalan


Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Galis, Bangkalan - Meski makin banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua pernah tahu karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Galis, Bangkalan


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berbeda di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya kentara yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca informasi di web Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Galis, Bangkalan, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments