Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gerih, Ngawi

Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gerih, Ngawi


Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gerih, Ngawi - Kendati semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai tipenya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua telah mengetahui keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gerih, Ngawi


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di bermacam bagian bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama.

Adapun keunikan paling jelas yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi dalam halaman Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gerih, Ngawi, moga-moga berpengaruh.

0 comments