Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Penjual Pembuat Kopi di Tanggeung, Cianjur

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Penjual Pembuat Kopi di Tanggeung, Cianjur


Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Penjual Pembuat Kopi di Tanggeung, Cianjur - Meski makin ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walaupun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua pernah tahu karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai struktur biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Penjual Pembuat Kopi di Tanggeung, Cianjur


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan dalam website Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Penjual Pembuat Kopi di Tanggeung, Cianjur, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments