Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker Di Sikakap, Kepulauan Mentawai

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker Di Sikakap, Kepulauan Mentawai



Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker Di Sikakap, Kepulauan Mentawai - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah anda semua telah tahu keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki tatanan biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker Di Sikakap, Kepulauan Mentawai


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di berbagai belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan hama.

Adapun ciri khusus paling jelas yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel di website Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker Di Sikakap, Kepulauan Mentawai, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments