Membuat Kopi Enak – Onlineshop Coffee Maker di Kota Padang, Rejang Lebong

Membuat Kopi Enak – Onlineshop Coffee Maker di Kota Padang, Rejang Lebong


Membuat Kopi Enak – Onlineshop Coffee Maker di Kota Padang, Rejang Lebong - Biar makin banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, daerah perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua pernah paham ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki rupa bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Enak – Onlineshop Coffee Maker di Kota Padang, Rejang Lebong


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun keunikan paling eksplisit yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca artikel dalam web Membuat Kopi Enak – Onlineshop Coffee Maker di Kota Padang, Rejang Lebong, semoga berguna.

0 comments