Membuat Kopi Enak Sendiri – Jual Mesin Pembuat Kopi di Way Halim, Bandar Lampung

Membuat Kopi Enak Sendiri – Jual Mesin Pembuat Kopi di Way Halim, Bandar Lampung


Membuat Kopi Enak Sendiri – Jual Mesin Pembuat Kopi di Way Halim, Bandar Lampung - Kendati kian ramai pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dari kelasnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kamu semua telah tahu karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran harganya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Membuat Kopi Enak Sendiri – Jual Mesin Pembuat Kopi di Way Halim, Bandar Lampung


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya kentara yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi artikel dalam web Membuat Kopi Enak Sendiri – Jual Mesin Pembuat Kopi di Way Halim, Bandar Lampung, mudah-mudahan berguna.

0 comments