Membuat Kopi Hitam Kental – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Dusun Selatan, Barito Selatan

Membuat Kopi Hitam Kental – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Dusun Selatan, Barito Selatan



Membuat Kopi Hitam Kental – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Dusun Selatan, Barito Selatan - Kendati makin ramai pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dari kelasnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua pernah tahu keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang bentuk biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Hitam Kental – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Dusun Selatan, Barito Selatan


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama.

Adapun keistimewaan paling eksplisit yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel di blog Membuat Kopi Hitam Kental – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Dusun Selatan, Barito Selatan, semoga bermakna.

0 comments