Membuat Kopi Hitam Tanpa Ampas – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Manis Mata, Ketapang

Membuat Kopi Hitam Tanpa Ampas – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Manis Mata, Ketapang



Membuat Kopi Hitam Tanpa Ampas – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Manis Mata, Ketapang - Kendati makin ramai penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kamu semua sudah paham karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Hitam Tanpa Ampas – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Manis Mata, Ketapang


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di berbagai belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling gamblang adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan dalam web Membuat Kopi Hitam Tanpa Ampas – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Manis Mata, Ketapang, mudah-mudahan berguna.

0 comments