Membuat Kopi Susu Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Guguk Panjang, Bukittinggi

Membuat Kopi Susu Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Guguk Panjang, Bukittinggi


Membuat Kopi Susu Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Guguk Panjang, Bukittinggi - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah kamu semua pernah paham ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai wujud butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Guguk Panjang, Bukittinggi


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta tahan hama.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca tulisan dalam blog Membuat Kopi Susu Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Guguk Panjang, Bukittinggi, semoga berguna.

0 comments