Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Guguk Panjang, Bukittinggi

Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Guguk Panjang, Bukittinggi


Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Guguk Panjang, Bukittinggi - Walaupun semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, daerah perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua sudah paham karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki bentuk butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Guguk Panjang, Bukittinggi


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di bermacam bagian dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling kentara yaitu taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca tulisan dalam blog Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Guguk Panjang, Bukittinggi, semoga berguna.

0 comments