Meracik Kopi Ala Barista – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Halmahera Timur

Meracik Kopi Ala Barista – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Halmahera Timur



Meracik Kopi Ala Barista – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Halmahera Timur - Kendati kian berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah mengerti keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki wujud biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Ala Barista – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Halmahera Timur


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di berbagai belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama.

Adapun keunikan setidaknya mencolok yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi dalam halaman Meracik Kopi Ala Barista – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Halmahera Timur, moga-moga ada gunanya.

0 comments