Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Pembuat Kopi Di Anjatan, Indramayu

Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Pembuat Kopi Di Anjatan, Indramayu


Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Pembuat Kopi Di Anjatan, Indramayu - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai tipenya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua telah mengerti keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Pembuat Kopi Di Anjatan, Indramayu


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi dalam website Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Pembuat Kopi Di Anjatan, Indramayu, semoga berguna.

0 comments