Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kasreman, Ngawi

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kasreman, Ngawi


Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kasreman, Ngawi - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, namun tak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai tipenya, daerah peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kalian semua sudah mengetahui keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang wujud bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kasreman, Ngawi


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di berbagai belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga tahan hama.

Adapun keunikan setidaknya menonjol yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi informasi dalam website Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kasreman, Ngawi, mudah-mudahan berguna.

0 comments