Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Lolomatua, Nias Selatan

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Lolomatua, Nias Selatan


Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Lolomatua, Nias Selatan - Meski kian banyak pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai tipenya, daerah peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah mengerti karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang bentuk butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran harganya juga lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Lolomatua, Nias Selatan


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling gamblang yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah dalam blog Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Lolomatua, Nias Selatan, moga-moga bermakna.

0 comments