Meracik Kopi Susu – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kaur Tengah, Kaur

Meracik Kopi Susu – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kaur Tengah, Kaur



Meracik Kopi Susu – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kaur Tengah, Kaur - Kendati kian ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai tipenya, area perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kamu semua sudah mengetahui kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Susu – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kaur Tengah, Kaur


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama.

Adapun keistimewaan paling eksplisit yakni tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan di blog Meracik Kopi Susu – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kaur Tengah, Kaur, mudah-mudahan berguna.

0 comments