Takaran Membuat Kopi Yang Enak – Jual Coffee Maker di Rao, Pasaman

Takaran Membuat Kopi Yang Enak – Jual Coffee Maker di Rao, Pasaman



Takaran Membuat Kopi Yang Enak – Jual Coffee Maker di Rao, Pasaman - Meski makin ramai pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, tempat peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Takaran Membuat Kopi Yang Enak – Jual Coffee Maker di Rao, Pasaman


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di beragam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan dalam website Takaran Membuat Kopi Yang Enak – Jual Coffee Maker di Rao, Pasaman, semoga ada manfaatnya.

0 comments