Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Surian, Sumedang

Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Surian, Sumedang



Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Surian, Sumedang - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dari kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua sudah paham karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki rupa bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Surian, Sumedang


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di beragam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa khas, berlainan di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama.

Adapun keunikan setidaknya gamblang ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca informasi dalam website Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Surian, Sumedang, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments