Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Pangkalan Koto Baru, Lima Puluh Kota

Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Pangkalan Koto Baru, Lima Puluh Kota



Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Pangkalan Koto Baru, Lima Puluh Kota - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dimulai dari varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengerti kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki rupa butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Pangkalan Koto Baru, Lima Puluh Kota


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di bermacam belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling kentara yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah dalam website Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Pangkalan Koto Baru, Lima Puluh Kota, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments