10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Pematang Bandar, Simalungun

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Pematang Bandar, Simalungun


10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Pematang Bandar, Simalungun - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kalian semua telah mengerti karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki rupa butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Pematang Bandar, Simalungun


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di berbagai bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol yaitu tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi risalah di website 10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Pematang Bandar, Simalungun, semoga bermakna.

0 comments