Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Kota Agung Barat, Tanggamus

Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Kota Agung Barat, Tanggamus


Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Kota Agung Barat, Tanggamus - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua pernah tahu karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang tatanan bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Kota Agung Barat, Tanggamus


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling kentara yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca artikel dalam halaman Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Kota Agung Barat, Tanggamus, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments