Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Onlineshop Coffee Maker Di Malinau

Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Onlineshop Coffee Maker Di Malinau



Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Onlineshop Coffee Maker Di Malinau - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, daerah penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah paham keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Onlineshop Coffee Maker Di Malinau


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di beragam bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan tahan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling gamblang yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi artikel dalam blog Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Onlineshop Coffee Maker Di Malinau, semoga berpengaruh.

0 comments