Cara Membuat Kopi Enak Di Rumah – Penjual Pembuat Kopi di Kuala Mandor B, Kubu Raya

Cara Membuat Kopi Enak Di Rumah – Penjual Pembuat Kopi di Kuala Mandor B, Kubu Raya


Cara Membuat Kopi Enak Di Rumah – Penjual Pembuat Kopi di Kuala Mandor B, Kubu Raya - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, area perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua telah paham karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Enak Di Rumah – Penjual Pembuat Kopi di Kuala Mandor B, Kubu Raya


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di bermacam belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta resistan penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling menonjol yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan dalam web Cara Membuat Kopi Enak Di Rumah – Penjual Pembuat Kopi di Kuala Mandor B, Kubu Raya, moga-moga bermanfaat.

0 comments