Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Jual Mesin Pembuat Kopi di Medan Marelan, Medan

Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Jual Mesin Pembuat Kopi di Medan Marelan, Medan


Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Jual Mesin Pembuat Kopi di Medan Marelan, Medan - Walaupun makin ramai pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai tipenya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, kendati berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa warkop.

Namun, apakah kamu semua pernah tahu karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Jual Mesin Pembuat Kopi di Medan Marelan, Medan


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa spesial, berlainan di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling mencolok yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan dalam blog Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Jual Mesin Pembuat Kopi di Medan Marelan, Medan, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments