Jenis Biji Kopi Arabika – Toko Online Coffee Maker di Muara Tembesi, Batanghari

Jenis Biji Kopi Arabika – Toko Online Coffee Maker di Muara Tembesi, Batanghari



Jenis Biji Kopi Arabika – Toko Online Coffee Maker di Muara Tembesi, Batanghari - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah tahu ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Arabika – Toko Online Coffee Maker di Muara Tembesi, Batanghari


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan di web Jenis Biji Kopi Arabika – Toko Online Coffee Maker di Muara Tembesi, Batanghari, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments