Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Sorkam Barat, Tapanuli Tengah

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Sorkam Barat, Tapanuli Tengah


Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Sorkam Barat, Tapanuli Tengah - Biar makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, mulai jenisnya, area peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua sudah tahu keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Sorkam Barat, Tapanuli Tengah


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling kentara yakni taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel dalam website Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Sorkam Barat, Tapanuli Tengah, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments