Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Pembuat Kopi Di Benowo, Surabaya

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Pembuat Kopi Di Benowo, Surabaya


Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Pembuat Kopi Di Benowo, Surabaya - Walaupun kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, kendati berjenis sama, rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah anda semua telah mengetahui keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Pembuat Kopi Di Benowo, Surabaya


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di berbagai bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berlainan di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi dalam blog Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Pembuat Kopi Di Benowo, Surabaya, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments