Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Sumba Timur

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Sumba Timur


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Sumba Timur - Kendati makin ramai penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Sumba Timur


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di beragam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan kebal penyakit.

Adapun ciri khusus paling mencolok yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi informasi di web Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Sumba Timur, mudah-mudahan berguna.

0 comments