Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Titeue, Pidie

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Titeue, Pidie



Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Titeue, Pidie - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dimulai dari tipenya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kalian semua telah paham karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Titeue, Pidie


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di beragam belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun kekhasan setidaknya jelas yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel di website Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Titeue, Pidie, mudah-mudahan berguna.

0 comments