Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Mesin Pembuat Kopi di Solok Selatan

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Mesin Pembuat Kopi di Solok Selatan


Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Mesin Pembuat Kopi di Solok Selatan - Biar kian ramai pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, area penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua sudah paham karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Mesin Pembuat Kopi di Solok Selatan


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di bermacam belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling eksplisit yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi informasi di halaman Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Mesin Pembuat Kopi di Solok Selatan, semoga bermakna.

0 comments