Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Toko Online Coffee Maker di Bogor Tengah, Bogor

Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Toko Online Coffee Maker di Bogor Tengah, Bogor



Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Toko Online Coffee Maker di Bogor Tengah, Bogor - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah anda semua telah paham kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Toko Online Coffee Maker di Bogor Tengah, Bogor


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di bermacam belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling eksplisit yakni taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi risalah di halaman Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Toko Online Coffee Maker di Bogor Tengah, Bogor, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments