Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Cikalong, Tasikmalaya

Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Cikalong, Tasikmalaya



Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Cikalong, Tasikmalaya - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi gak sedikit pula yang ternyata masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dimulai dari varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua telah tahu keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Cikalong, Tasikmalaya


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di bermacam bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya mencolok yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah dalam web Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Cikalong, Tasikmalaya, semoga ada manfaatnya.

0 comments