Jenis Menu Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Karanganyar, Kebumen

Jenis Menu Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Karanganyar, Kebumen


Jenis Menu Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Karanganyar, Kebumen - Biar makin banyak pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah anda semua pernah tahu kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki struktur butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Menu Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Karanganyar, Kebumen


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun kini di berbagai bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa spesial, berbeda di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling eksplisit yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca risalah di web Jenis Menu Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Karanganyar, Kebumen, semoga berguna.

0 comments