Jenis Varietas Kopi Arabika – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Bakumpai, Barito Kuala

Jenis Varietas Kopi Arabika – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Bakumpai, Barito Kuala



Jenis Varietas Kopi Arabika – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Bakumpai, Barito Kuala - Kendati makin banyak penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, area peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah paham karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Varietas Kopi Arabika – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Bakumpai, Barito Kuala


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya kentara yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di suhu rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi tulisan di blog Jenis Varietas Kopi Arabika – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Bakumpai, Barito Kuala, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments