Jenis Varietas Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Simpang Keramat, Aceh Utara

Jenis Varietas Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Simpang Keramat, Aceh Utara



Jenis Varietas Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Simpang Keramat, Aceh Utara - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, daerah penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua pernah tahu karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai wujud butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Varietas Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Simpang Keramat, Aceh Utara


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di berbagai belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling eksplisit yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi informasi di website Jenis Varietas Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Simpang Keramat, Aceh Utara, semoga berpengaruh.

0 comments