Khasiat Kopi Anak Jantan – Online Shop Coffee Maker Di Pulau Pramuka

Khasiat Kopi Anak Jantan – Online Shop Coffee Maker Di Pulau Pramuka



Khasiat Kopi Anak Jantan – Online Shop Coffee Maker Di Pulau Pramuka - Walaupun kian berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua telah tahu karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Anak Jantan – Online Shop Coffee Maker Di Pulau Pramuka


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di berbagai bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal hama.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi tulisan di halaman Khasiat Kopi Anak Jantan – Online Shop Coffee Maker Di Pulau Pramuka, moga-moga berguna.

0 comments