Khasiat Kopi Anak Jantan – Penjual Mesin Coffee Maker Di Minahasa Utara

Khasiat Kopi Anak Jantan – Penjual Mesin Coffee Maker Di Minahasa Utara



Khasiat Kopi Anak Jantan – Penjual Mesin Coffee Maker Di Minahasa Utara - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah paham ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang bentuk biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Anak Jantan – Penjual Mesin Coffee Maker Di Minahasa Utara


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di beragam bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang khas, berlainan di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok adalah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi artikel di blog Khasiat Kopi Anak Jantan – Penjual Mesin Coffee Maker Di Minahasa Utara, semoga bermakna.

0 comments