Khasiat Kopi Badang – Online Shop Mesin Coffee Maker di Maro Sebo Ulu, Batanghari

Khasiat Kopi Badang – Online Shop Mesin Coffee Maker di Maro Sebo Ulu, Batanghari



Khasiat Kopi Badang – Online Shop Mesin Coffee Maker di Maro Sebo Ulu, Batanghari - Meski kian ramai pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kamu semua pernah mengerti karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Badang – Online Shop Mesin Coffee Maker di Maro Sebo Ulu, Batanghari


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit.

Adapun ciri khusus paling mencolok adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi tulisan dalam web Khasiat Kopi Badang – Online Shop Mesin Coffee Maker di Maro Sebo Ulu, Batanghari, semoga ada gunanya.

0 comments