Khasiat Kopi Hijau Hannis – Toko Pembuat Kopi Di Air Naningan, Tanggamus

Khasiat Kopi Hijau Hannis – Toko Pembuat Kopi Di Air Naningan, Tanggamus


Khasiat Kopi Hijau Hannis – Toko Pembuat Kopi Di Air Naningan, Tanggamus - Kendati makin banyak penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah anda semua telah mengerti keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki tatanan batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Hannis – Toko Pembuat Kopi Di Air Naningan, Tanggamus


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun kini di berbagai belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling jelas yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah di halaman Khasiat Kopi Hijau Hannis – Toko Pembuat Kopi Di Air Naningan, Tanggamus, semoga berpengaruh.

0 comments