Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Online Pembuat Kopi Di Kundur, Karimun

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Online Pembuat Kopi Di Kundur, Karimun


Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Online Pembuat Kopi Di Kundur, Karimun - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dimulai dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah tahu karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Online Pembuat Kopi Di Kundur, Karimun


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang khas, berbeda di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya eksplisit yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi artikel dalam website Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Online Pembuat Kopi Di Kundur, Karimun, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments