Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Jual Mesin Pembuat Kopi di Tekarang, Sambas

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Jual Mesin Pembuat Kopi di Tekarang, Sambas



Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Jual Mesin Pembuat Kopi di Tekarang, Sambas - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, tempat penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah anda semua sudah mengerti keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki bentuk butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya juga lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Jual Mesin Pembuat Kopi di Tekarang, Sambas


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di beragam bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa khas, berlainan di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan dalam website Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Jual Mesin Pembuat Kopi di Tekarang, Sambas, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments