Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Toko Mesin Coffee Maker di Medokan Semampir

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Toko Mesin Coffee Maker di Medokan Semampir



Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Toko Mesin Coffee Maker di Medokan Semampir - Walaupun semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, namun tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari tipenya, daerah perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kalian semua sudah paham karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Toko Mesin Coffee Maker di Medokan Semampir


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling kentara ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan dalam halaman Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Toko Mesin Coffee Maker di Medokan Semampir, mudah-mudahan bermakna.

0 comments