Khasiat Kopi Hijau Qalam – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Rokan Hilir

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Rokan Hilir



Khasiat Kopi Hijau Qalam – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Rokan Hilir - Biar semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, tempat peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua telah paham karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki wujud butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Rokan Hilir


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun kini di beragam bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan tahan hama.

Adapun keistimewaan paling menonjol adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca risalah di blog Khasiat Kopi Hijau Qalam – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Rokan Hilir, semoga ada manfaatnya.

0 comments