Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Toko Online Pembuat Kopi Di Oksibil

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Toko Online Pembuat Kopi Di Oksibil


Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Toko Online Pembuat Kopi Di Oksibil - Meski kian banyak penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dari kelasnya, area peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, kendati berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah tahu kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki wujud batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Toko Online Pembuat Kopi Di Oksibil


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di beragam bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel dalam website Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Toko Online Pembuat Kopi Di Oksibil, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments